Rabu, 15 Desember 2010

ubah XP

MENTRANSFORMASI TAMPILAN WINDOWS XP

Ada cara yang lebih mudah dan aman untuk mentransformasi tampilan windows selain dengan menggunakan software transformation pack yang biasa digunakan. berdasarkan pengalaman saya, Transformation pack lebih beresiko merusak sistem windows dan memakan ruang harddisk yang cukup besar, buntut-buntutnya instal ulang windows akhirnya. cara yang saya pakai ini lebih aman karena tidak mengutak atik file-file sistem, file berukuran kecil, sama mudahnya, tidak ada program yang aktif di system tray, dan memberikan hasil yang sama.

berikut yang akan kita ubah tampilannya adalah bootscreen, logon, theme, icon, dan pointer scheme. Semua yang sudah disebutkan itu sudah cukup untuk mengubah tampilan windows menjadi benar-benar beda.
1. Mengubah tampilan bootscreen
untuk mengubah tampilan bootscreen yang kita perlukan adalah bootscreen editor, saya menggunakan Bootskin dari Stardock yang aman dan gratis.

2. Mengubah tampilan logon
Untuk mengubah tampilan logon, saya menggunakan software Logon Studio dari stardock juga. tidak perlu khawatir karena software ini gratis.

3. Mengubah Theme
untuk mengubah theme windows, ada 2 langkah yang mesti dilakukan yaitu :
1. instal UXPatcher
2. Download file-file theme windows, kemudian letakkan file ini di c:\Windows\Themes. untuk menggunakannya klik kanan di desktop, pilih properties. Pada kotak dialog display properties, klik tab appearance. Di kotak windows and buttons, akan bertambah daftar nama file msstyles yang tadi kita pasang.

3. Mengubah icon dan pointers
Untuk mengubah icon-icon dan pointers, saya menggunakan IconTweaker yang gratis.

Senin, 23 November 2009


MENINGKATKAN PERFORMA WINDOWS XP

MENINGKATKAN PERFORMA WINDOWS XP
Jika spesifikasi komputer anda pas-pasan, anda bisa meningkatkan performa windows xp anda agar dapat berjalan lebih cepat.
Komputer saya pentium III 500 MHZ ram 128 MB. Cukup berat untuk menjalankan windows xp. Nah, berikut adalah cara saya menyetting windows xp agar lebih cepat :

1. Jangan memasang walpaper.
walpaper adalah tampilan foto atau gambar pada area desktop. Dengan tidak memasang walpaper, berarti kita mengurangi penggunaan memori ram. Caranya adalah sebagai berikut:
1. Di area desktop, klik kanan mouse.
3. Klik tab Desktop

4. Pada Kotak Background, pilih None. Anda bisa mengganti warna desktop dengan mengklik color.
5. Klik Apply lalu Ok.

2. Non aktifkan visual effect.
visual effect adalah efek-efek visual seperti efek bayangan pada ikon, kotak dialog, efek animasi ketika maximize minimize, dsb. yang pada dasarnya tidak begitu penting sehingga bisa kita non aktifkan agar mengurangi penggunaan memori.
Caranya adalah sebagai berikut:
1. Klik kanan ikon my computer yang ada di area desktop. (jika tidak ada, bisa klik kanan ikon my computer yang ada di menu start)

2. Pilih Properties
3. Klik tab Advanced

4. Pada bagian Performance, klik Settings.
5. Pada tab visual effects, pilih adjust for best performance.
6. Klik OK

3. Non aktifkan program-program start up yang tidak perlu
Program-program start up adalah program-program yang diload otomatis tiap kali komputer booting. kita bisa menonaktifkan program yang tidak perlu.
Caranya adalah sebagai berilut :
1. klik Start, pilih Run

2. Ketikkan "msconfig" tanpa tanda kutip.
3. Klik tab startup.

4. Hilangkan tanda centang pada program yang akan kita nonaktifkan.
5. Klik apply, kemudian restart.

4. Defrag Harddisk secara berkala
Dengan mendefrag harddisk, akan mempercepat akses file-file yang terdapat dalam harddisk, terutama drive C. Defrag secara berkala, tetapi tidak perlu sering, karena proses defrag membuat harddisk menjadi panas. Tidak perlu menginstal program tambahan, karena program default windows sudah cukup.
Caranya adalah sebagai berikut:
1. Klik Start, lalu all program, pilih accessories, kemudian system tools, pilih disk defragmenter.

2. pilih drive yang ingin didefrag, kemudian klik defrag.

5. Bersihkan file-file sampah, dan Registry bermasalah
File sampah adalah file-file yang automatis dibuat tiap kali kita beraktifitas dengan komputer, entah mengetik, browsing, mengedit foto, dsb. yang sifatnya temporer (sementara). Sehingga apabila tidak dibersihkan, maka akan memenuhi ruang harddisk. Sedangkan Registry bermasalah adalah file-file register yang biasanya tertinggal apabila kita menguninstal suatu program. Membersihkan file registry yang bermasalah bisa meningkatkan performa win. xp kita. Disini saya menggunakan program gratis CCleaner (bisa didownload di sini) yang mampu mengatasi kedua masalah diatas. Program ini berukuran kecil namun sangat ampuh..

Mengenai CCleaner akan saya jelaskan pada postingan yang lain.

itulah beberapa langkah yang saya gunakan untuk meningkatkan performa win. xp agar berjalan lebih cepat. Semoga bemanfaat.

 sumber : http://tipstrikxp.blogspot.com/
Title: ubah XP; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts