Sabtu, 30 Oktober 2010

Statemen-statemen dalam pascal

Yo weees kita per quick sajalah posting2nya,,, eke bakal banyakin ni blog dengan ILMU  mari kita langsung saja kali ini kita mem pascal kan diri kembali dengan materi statemen. Dalam pemrograman,secara umum statemen dapat didefinisikan suatu bagian program yang dapat dieksekusi.Ini artinya statemen akan menandakan atau berperan sebagai suatu aksi tertentu.Secara garis besar,statemen dalam bahasa pascal dapat di katagorikan kedalam beberapa kelompok yaitu:



  • penugasan
  • Pemilihan
  • pengulangan
  • Peloncatan
  • Pendefinisan label
  • Ekspresi atau ungkapan
Pemilihan,Pengulangan,dan Peloncatan merupakan statemen yang digunakan untuk melakukan kontrol program. Label berguna untuk membantu dalam statemen peloncatan,khususnya untuk menggunakan statemen goto.Sedangkan ekspresi digunakan untuk menyatakan nilai logika yang pada umumnya terdapat dalam pengkondisian.
Suatu statemen tunggal akan ditandai dengan tanda titik koma atau semicolon (;). Sedangkan apabila kita memiliki gabungan statemen maka kita akan meletakannya pada suatu blok program yang diawali dengan kata kunci begin dan diakhiri dengan end.Sebagai catatan blok program dapat berupa blok kontrol baik itu dalam pemilihan,pengulangaan,prosedur,maupun fungsi.
Perhatikan contoh berikut:

x:=10; {Statemen Tunggal} {Statemen gabungan yang berada dalam blok begin...end} begin x:=10; x:=x+1; writeln(x); end;
posting selanjutnya kita akan bahas satu-satu mengenai staetmen2 tersebut 
Title: Statemen-statemen dalam pascal; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts